Senin, 02 April 2012

WISATA MURAH PUNCAK, CISARUA, DAN BOGOR

WISATA PUNCAK, CISARUA, DAN BOGOR

Wisata Cisarua kali ini membahas Taman Wisata Matahari. Taman Wisata Matahari ini terletak 20 menit perjalanan dari Cisarua dan 1 jam perjalanan dari Bogor.Alamat Taman Wisata Matahari adalah di Jl. Raya Puncak Km. 77, Cilember Bogor, dekat wahana wisata air terjun Curug Cilember. Sebagai wujud dari Water Park, di dekat pintu masuk dibuat kolam dengan patung dea-dewa air untuk tempat berfoto.


Arung Jeram di Taman Wisata Matahari Bogor

Taman Wisata matahari adalah sebuah lokasi wisata bertema recreation and education, serta sedang dikembangkan menjadi Water Park. Lokasinya yang tepat dilewati sungai Ciliwung membuat taman Wisata Matahari bisa mengakomodasikan banyak sekali wahana wisata air mulai dari pemancingan, arung jeram, perahu dayung, perahu motor, sepeda air, dan permainan air lainnya seperti Big Balon, Bumper Boat dan sebagainya. Yang unik ada Restoran Pulau Seribu di tengah-tengah danau yang bisa dicapai hanya melalui jembatan merah di atas lintasan perahu motor atau dengan perahu.


Perahu Motor di Taman Wisata matahari melewati bawah jembatan ke Restoran Pulau Seribu


Anak-anak bermain penyemprot air di kolam renang

Salah satu permainan air di Taman Wisata matahari, yaitu Big Ballon
Untuk mewadahi pengunjung berkeliling Taman Wisata Matahari, diadakan beberapa jenis angkutan mulai dari kuda, Wira-Wiri mobil dan yang berbentuk kereta ditarik traktor, kuda, ATV ride, atau motor/mobil safari. Kita bisa mengelilingi kawasan dengan biaya hanya Rp. 5.000,- per orang. Taman Wisata Matahari juga menyediakan paket wisata ke lokasi sekitar seperti ke Curug Panjang di Cilember.

Kuda di Taman Wisata Matahari dengan jockie yang siap mengajak anak-anak berkeliling

Mobil Wira-Wiri
Sebagai sebuah lokasi wisata pendidikan, Taman Wisata Matahari menyediakan berbagai wahana bermuatan pendidikan seperti :
  • Agro Sawah yang teridiri dari kegiatan belajar menanam padi, belajar membajak, belajar menumbuk padi, belajar memandikan kerbau, belajar menagkap ikan.
  • Sekolah Alam yang terdiri dari kegiatan seperti menonton film tentang alam, belajar membaca peta, belajar mengenal satwa dan fauna
  • Wahana koleksi satwa, dimana ada beberapa jenis burung, kelelawar, ikan, kuskus, kura-kura, dan hewan lainnya. Yang unik salah satu ikan adalah ikan piranha.
  • Wahana pertunjukkan satwa, diamana ada badut bermain ular phyton, ada kakak tua putih menyusun tulisan Selamat datang, ada beruk naik sepeda, dan yang unik ada berang-berang pintar, bisa berhitung, main bola basket, mengerek bendera, dan membuang sampah di keranjang sampam.
Sebagai lokasi wisata edukasi, Taman Wisata Matahari juga menyediakan lapangan, aula, saung, dan penginapan. Penginapannya ada yang berbentuk villa, rumah, dan juga barak untuk banyak orang. Selain itu ada permainan-permainan edukasi seperti Flying Fox, Bungee Trampolin dan permainan out bound lainnya, baik untuk anak mau pun untuk dewasa.

Bagi keluarga yang membawa anak-anak juga tidak usah khawatir untuk permainan anak-anak kelas TK sampai SD, karena di Taman Wisata Matahari ada beberapa permainan anak seperti Kereta Safari, Komidi Putar, Becak Mini, Kereta Cartoon, dan permainan anak lainnya, termasuk ketangkasan memecah balon dan melempar gelang.

Di Taman Wisata Matahari, terdapat parkir bis dan kendaraan berkapasitas sampai ratusan bis dan kendaraan, sehingga kita tidak perlu khawatir akan parkir kendaraan kita. Kita juga tidak perlu khawatir untuk berbelanja makanan, minuman, atau barang, karena di Taman Wisata Matahari terdapat pusat-pusat belanja antara lain :
  • Restoran Pulau Seribu dan Restoran lainnya
  • Toko Roti Si Unyil
  • Pusat Jajanan Murah
  • Food Court Stingers
  • Pusat jualan Cinderamata
  • Pusat jualan tanaman hias

sumber : lembah safari trip blogspot

penelusuran terkait :

1 comments:

  1. Nice share ...

    Jangan lupa di gunung malang bogor barat terdapat juga tempat tujuan wisata curug nangka - curug luhur - kawah ratu dll. happy weekand all

    BalasHapus